1800-222-223-22 Contact@CharityhubWP.org

Berita

Penandatanganan MoU Kerjasama Maupe-PPPA Kab. Maros dalam Pelaksanaan Program Voice

Program Voice : “Echoing Evidence Using Action Research For Inclusive Participation”, adalah suatu program yang menyuarakan gagasan, ide, aspirasi, atau usulan dalam bentuk tertulis melalui proses penelitian, guna mendorong pada terbentuknya suatu kebijakan, program ini dilaksanakan oleh Maupe dengan pendampingan dari CIPG dan akademisi, dimana dalam pelaksanaannya berbentuk penelitian terhadap perilaku Kekerasan terhadap Perempuan di Kabupaten Maros (Identifikasi Perilaku Kekerasan terhadap Perempuan  menuju Kebijakan Perlindungan Perempuan dari Kekerasan di Kabupaten Maros).

Untuk kelancaran proses penelitian dan hasil yang optimal maka perlu diadakan kerjasama dengan pihak terkait dalam hal ini pihak yang intens dalam menangani perempuan di Kabupaten Maros yaitu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), khususnya dalam mendorong lahirnya kebijakan dan implementasi kebijakan yang pro perempuan, setelah melalui proses salah satunya adalah Audience tentang Program Voice pada Desember 2017 lalu antara pihak Maupe dan PPPA, maka lahirlah suatu MoU kerjasama dalam pelaksanaan penelitian tersebut.

Pada tanggal 23 Januari 2018, merupakan momen penting bagi terlaksananya kerjasama, disaksikan Direktur CIPG Dinita Andriani Putri atau akrab dipanggil Ibu Ria, Kepala Proyek CIPG Ibu Ferzya Farhan, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Ibu Sulastri, staf Pemberdayaan Perempuan Ibu Rosanna, Kepala Seksi Kesetaraan Gender Imranawaty,  Kepala Seksi P2TP2A Muhammad Romi, Kepala Seksi Perlindungan Anak Ibu Ermawaty, Kepala Seksi Ketahanan dan Kualitas Keluarga Mardaya, juga para tim peneliti dari Maupe yaitu Rosmayanti, Yunita dan Rugaiya, berkas MoU ditanda tangani oleh Kepala Dinas PPPA Bapak Drs. Idrus, M.Si sebagai Pihak Kesatu dan Direktur Maupe Hj. Agusnawati, S.TP, M.Hum sebagai Pihak Kedua. Adapun isi perjanjian kerjasama ini adalah Echoing Evidence : Using Action Research For Inclusive Participation di Kabupaten Maros meliputi: proses Penyusunan proposal riset, penyiapan instrumen pengambilan data, pengambilan data, pengelolaan/analisis data, penyusunan laporan riset, penyampaian laporan hasil riset, advokasi kebijakan hingga akhirnya menghasilkan draft kebijakan. Dalam perjanjian masing-masing pihak telah dicantumkan hak dan kewajibannya masing-masing.

Selain penandatanganan MoU juga diwarnai dengan diskusi tentang format wawancara yang akan dilakukan tim peneliti, semoga terjalin suatu kerjasama yang harmonis antara kedua belah pihak khususnya untuk  perlindungan perempuan dari kekerasan di Kabupaten Maros.

Menyimak penjelasan pihak CIPG

Menyimak penjelasan pihak CIPG                       

Menyatu dalam kebersamaan tiga elemen

Menyatu dalam kebersamaan tiga elemen

 

Penjelasan pihak Maupe

Penjelasan pihak Maupe

 

Pak Idrus (PPPA), Hj. Una (Maupe), Ferzya (paling kanan) dan Ibu Ria (paling kiri) dari CIPG

Pak Idrus (PPPA), Hj. Una (Maupe), Ferzya (paling kanan) dan Ibu Ria (paling kiri) dari CIPG

IMG_1537

 

IMG_1537

 

IMG_1538             IMG_1539

 

IMG_1542          IMG_1543

 

IMG_1544

Proses Penandatanganan hingga terciptalah dokumen kerjasama

Proses Penandatanganan hingga terciptalah dokumen kerjasama

 

CIPG menyimak penjelasan kepala dinas PPPA sebelum kembali ke Maupe

CIPG menyimak penjelasan kepala dinas PPPA sebelum kembali ke Maupe

 

by Hera

Foto by Nita

 

 

Leave a Reply