1800-222-223-22 Contact@CharityhubWP.org

Berita

Rapat Penyusunan Draft Proposal Riset Kekerasan Terhadap Perempuan

Tahun 2018 merupakan momen baru untuk sebuah wadah dalam bergerak menyampaikan keinginan dan harapan menuju yang lebih baik, begitu pula dengan Maupe, awal tahun ini diwarnai dengan berbagai rencana yang tentu saja bermuara pada kesejahteraan perempuan, anak dan golongan rentan lainnya di Kabupaten Maros pada khususnya, untuk itu Maupe bekerja sama dengan pihak yang berskala nasional yaitu CIPG (Centre for Innovation Policy and Government), suatu lembaga riset independen yang memiliki fokus utama pada area sains, teknologi, inovasi dan kebijakan publik serta pengembangan kapasitas riset nasional  melalui Voice yaitu menyuarakan gagasan dalam bentuk tertulis dengan tema-tema yang dianggap krusial, akan melakukan riset bertema ‘Kekerasan Terhadap Perempuan”. Perlu diketahui bahwa di Sulawesi Selatan sendiri ada 2 daerah yang akan melaksanakan riset ini dengan tema berbeda yaitu Kota Makassar dengan tema Pemuda dan Kabupaten Maros dengan tema Perempuan.

Dalam pelaksanaan riset ini Maupe akan didampingi oleh akademisi dan akan bekerja sama dengan berbagai pihak seperti Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dan pihak-pihak lain yang memiliki keterkaitan dengan tema Kekerasan Terhadap Perempuan (KTP), tentu saja dengan melalui tahapan-tahapan riset yang semestinya.

Salah satu tahapan adalah penulisan proposal, maka pada tanggal 2 Januari 2018, Maupe mengadakan Rapat Penyusunan Proposal Riset dengan agenda Materi Draft Proposal dan Pembagian Tugas, yang dipimpin oleh Direktur Yayasan Maupe Hj. Agusnawati dan dihadiri oleh staf Maupe yaitu Ibu Uming, St. Rugaiya (Tim Riset), Meilany, Haerana (Tim Riset), St. Idawani, dan Yunita (Tim Riset), dalam rapat tersebut dijelaskan tentang materi yang akan dibahas dalam proposal khususnya tentang data Kekerasan Terhadap Perempuan yang sebelumnya telah berhasil dihimpun melalui pertemuan dengan pihak Dinas PPPA sebelumnya (27 Desember 2017), dan bagian-bagian proposal yang telah dijelaskan dalam Pelatihan Creame (Critical Research Metodology), pada tanggal 5 -8 Desember 2017 yang diikuti oleh St Rugaiya dan Yunita.

Pada Pembagian tugas tim riset akan dibagi menjadi dua bagian yaitu Tim Data dan Analisis  yaitu Yunita dan St Rugaiya sedangkan untuk Analisis Data dan Penulisan akan dilaksanakan oleh Haerana, tentu saja dua kegiatan tersebut akan dibantu oleh staf Maupe yang lain, adapun kegiatannya berupa riset disertai advokasi terhadap korban di lapangan.

Selanjutnya diharapkan  dari proposal dan riset ini lahir sebuah Naskah Akademik menuju Perda tentang  Perlindungan Perempuan dari Kekerasan di Kabupaten Maros.

Pertemuan ini diselingi dengan percakapan ringan tentang fenomena Kekerasan Terhadap Perempuan, isu-isu tentang penyebab, fakta yang tak terungkap hingga harapan-harapan peserta rapat tentang riset yang diadakan .

IMG-20180102-WA0005IMG-20180102-WA0004IMG-20180102-WA0006IMG-20180102-WA0003

Leave a Reply