1800-222-223-22 Contact@CharityhubWP.org

Tentang Maupe

 

Perempuan adalah sebuah komunitas yang selama ini memiliki peran yang besar dalam proses-proses pembangunan.  Mereka memiliki kapabilitas yang tinggi terhadap peningkatan sumberdaya manusia, mulai perannya sebagai ibu rumah tangga, guru di sekolah formal maupun non formal. Begitu pula peran-peran sosialnya. Komunitas perempuan telah memperlihatkan kemampuannya untuk pembangunan sosial masyarakat.

Peran-peran perempuan sampai dekade terakhir ini belum diakui  oleh semua pihak  bahwa perempuan apapun perannya memiliki kesetaraan dengan manusia lainnya, termasuk yang berjenis kelamin laki-laki. Sebagian komunitas masih keliru dalam memahami konteks keberadaan perempuan sebagai ciptaan Ilahiah yang diciptakan untuk berbuat sesuatu yang sama seperti komunitas lain dalam konteks budaya, agama dan sosial.   

Fenomena tersebut membuat perempuan berjuang mengaktualisasikan diri  dalam memperjuangkan hak-haknya, khususnya dalam memperjuangkan perempuan sebagai komunitas yang perlu  diberi kesempatan untuk berperan di segala aspek termasuk dunia politik.  

Berdasarkan problematika tersebut di atas, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Untuk Perempuan (MAUPE) lahir sebagai lembaga swadaya nirlaba yang focus pada gerakan pemberdayaan perempuan dan demokrasi, berdiri sejak 28 Maret 2003 selanjutnya mengalami perubahan Legalitas menjadi Yayasan MAUPE Maros yang di Akte Notaris Ahmad Yulias SH No. 67 pada tanggal 27 Oktober 2014, memiliki Pengesahan dari Menkumham RI  dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) di Badan Kesbangpol Kabupaten Maros.

Kehadiran MAUPE merupakan bahagian dari perjuangan  mewujudkan perempuan maju, mandiri, sejahtera dan berdaulat. Dalam perjalannya MAUPE telah berikhtiar mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender, memperjuangkan peran perempuan agar diberi kesempatan yang sama dengan yang lain untuk berbuat demi kesejahteraan rakyat, baik pada aspek ekonomi, sosial, politik dan budaya. Selain itu MAUPE melakukan pendidikan demokrasi untuk rakyat (civid education), dan mengembangkan media alternative untuk penguatan kesadaran kritis masyarakat khususnya perempuan.

VISI Maupe

Terwujudnya Otonomi dan Kedaulatan Perempuan Miskin dan Marginal dalam Pemenuhan Hak Asasi Perempuan

Misi Maupe

Meningkatkan peran dan partisipasi perempuan miskin dan marginal dalam proses perencanaan, penganggaran dan pengawasan pembangunan

Membangun dan menguatkan jejaring kelompok perempuan marginal untuk dapat memperjuangkan kedaulatan perempuan

Mendorong regulasi yang responsif gender dan pro poor

Legalitas

Status

AKTA

LSM (Tahun 2003), Notaris Ahsan Arsyad
YAYASAN (Tahun 2014), Notaris Ahmad Yulias

Nomor 67, tanggal 27 Oktober 2014, Notaris AHMAD YULIAS,SH , dengan SK Pengesahan Menkumham RI

Kantor Kami

Jl. Damai No.1 Dusun Bulu-Bulu Desa Ma’rumpa, Kecamatan Marusu,

Kabupaten Maros  90552,

085242561910/ 081355053249,  0411-555322

 maupe_celebes@yahoo.com